Kumpulan Informasi Bermanfaat

  • RSS
  • Skype
  • Facebook
  • Yahoo

Twitter
SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA

KALIBRASI PERALATAN METEOROLOGI ( BMKG)

Author Unknown - -
Home » KALIBRASI PERALATAN METEOROLOGI ( BMKG)

Berikut ini adalah beberapa peralatan kalibrator yanga ada pada Lab PUSINKAL Meteorologi BMKG.
WIND TUNNEL
Alat yang berupa tunnel atau terowongan ini berfungsi sebagai tempat untuk mengkalibrasi sensor-sensor atau alat-alat pengukur kecepatan angin, seperti Anemometer, Cup Counter, dan lain-lain.
Adapun prinsip kerja dari alat ini adalah penggunakan motor penghisap, dimana motor tersebut digunakan untuk menghisap udara dari luar dan dialirkan melalui tunnel serta melewati sensor yang akan dikalibrasi. Adapun kecepatan aliran angin bisa diatur sesuai dengan kebutuhan.

TEMPERATURE TEST CABINET
Alat yang berbentuk cabinet ini berfungsi sebagai tempat dimana sensor-sensor atau alat-alat pengukur suhu udara, seperti thermograph, thermometer, Pt.100, dll. dapat dikalibrasi.
Dalam prinsip kerjanya, alat ini menggunakan refrigrator sebagai media pendingin dan heater sebagai pemanas. Didalam Chamber ini juga menggunakan kipas yang berguna untuk menstabilakn suhu didalamnya. Pengaturan suhu diatur dengan menggunakan touch panel yang diubah sesuai dengan kebutuhan.

PRESSURE CHAMBER
Berfungsi sebagai tempat melakukan kalibrasi peralatan pengukur tekanan udara, seperti barometer air raksa, barograph dan aneroid. Sebagai alat pembanding digunakan sebuah barometer air raksa type test barometer.
Prinsip kerja alat ini adalah perubahan besar tekanan udara didalam test chamber dilakukan melalui pompa pressure/vacuum dengan terlebih dahulu mengatur posisi valve/katup sesuai dengan proses yang hendak dilaksanakan sedemikian sehingga tekanan udara di dalam chamber mencapai besaran tekanan yang diinginkan.
HUMIDITY TEST CABINET
Peralatan kalibrator ini merupakan tempat dimana sensor-sensor atau alat-alat pengukur kelembaban udara, seperti thermohygrograph, higrometer, dll. dapat dikalibrasi.
Prinsip kerja kalibrator ini menggunakan heater sebagai pemanas. Didalam Chamber ini juga menggunakan kipas yang berguna untuk menstabilkan kelembaban udara didalamnya. Pengaturan kelembaban diatur dengan menggunakan panel yang diubah sesuai dengan keinginan.









sumber : http://www.bmkg.go.id/BMKG_Pusat/Sarana_Teknis/Kalibrasi/